Click here
Click here

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HOTEL HORISON

Kamis, November 05, 2009 Posted by: wino agung wicaksono 0 comments

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN HOTEL HORISON 2009 DI BIDANG T.I

Pengembangan pendekatan Manajemen Sistem Informasi (Information System /IS) yang terarah pada organisasi di Perusahaan hotel.Hal ini merupakan bentuk pengaruh evolusi teknologi terhadap dunia usaha dewasa ini. Peran penting sistem informasi terhadap kinerja bisnis perusahaan, pengembangan sumber daya manusia dan nilai tambah lainnya, terutama bagi pemegang saham, membutuhkan tim yang berdedikasi tinggi dan profesional dalam bidang manajemen sistem informasi. Tantangan akan muncul sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu manfaat terpenting dari investasi CCBI pada teknologi sistem informasi selama lima tahun terakhir adalah dengan meningkatkan kemampuan karyawan di seluruh level organisasi perusahaan hotel horizon.

I. RINGKASAN EKSEKUTIF

Tamu hotel memesan kamar (reservasi/booking) melalui telepon, petugas front desk langsung membuka program dan mendata pemesanan atau dapat juga custumer langsung mengakses secara online melalui website yang sudah disediakan oleh pihak managemen hotel horizon. Program kemudian menginformasikan data-data kamar yang sudah dipesan, dan memberitahukan jika kamar tersebut telah dipesan oleh tamu lain. Pada hari tamu datang (check-in),
petugas akan diingatkan bahwa tamu tersebut akan melakukan check-in.Setelah tamu masuk, program segera membuat formulir pendaftaran tamu (registration card) dan semua tagihan secara otomatis. Saat tamu keluar (check-out) dan melakukan pembayaran, kuitansi pembayaran akan dicetak oleh program. Pemesanan kamar atau kamar tamu yang sedang dipakai dapat dialihkan ke kamar lain sesuai keinginan tamu/hotel. Tagihan dan pembayaran kamar dapat di rinci per kamar maupun per tamu. Untuk menyiapkan strategi pemasaran hotel, Manajer Hotel memerlukan data-data tamu dan kamar secara cepat sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat dalam waktu yang cepat. Program ini menyediakan semua kebutuhan Manager.

II. GAMBARAN UMUM
Program manajemen hotel ini merupakan program yang membantu petugas front desk untuk menangani semua informasi berkaitan dengan kamar, tamu dan pengunjung hotel serta membuat laporan-laporan yang dibutuhkan pihak manajemen dalam mengembangkan promosi hotel.

Tampilan program terdiri atas dua bagian utama, yaitu untuk tamu hotel dan pengunjung hotel diperbaharui.

Seluruh informasi yang disimpan oleh program dapat dipanggil kembali sewaktu - waktu sehingga apabila seorang tamu lebih dari satu kali menginap di hotel Anda, maka datanya dapat terlihat kembali.dan kelebihannya data dari system ini bisa diakses melalui online dan costumer dapat melihat serta memesan dengan cara tersebut.

Perekaman informasi tamu/pengunjung hotel dimulai sejak memesan kamar (reservasi), munculnya tagihan-tagihan dan sewaktu tamu/pengunjung melakukan pembayaran. Pada saat tamu check-out, kuitansi tagihan/pembayaran dapat dicetak.

Informasi tamu hotel yang disimpan terdiri atas:

Profil kamar hotel, profil tamu, booking tamu, kunjungan tamu, tagihan tamu dan pembayaran tamu.

Masing-masing bagian masih memiliki sub-bagian. Program ini dapat berjalan pada satu komputer secara mandiri
(standalone) ataupun dalam jaringan komputer LAN (Local Area Network) dan ONLINE (internet access).

III. TUJUAN PROGRAM
Untuk memudahkan petugas front desk hotel dalam menangani semua informasi kamar, tamu dan pengunjung hotel, serta membuat beragam laporan yang diperlukan sehingga pelayanan kepada tamu dan pengunjung menjadi lebih maksimal, cepat dan akurat.

Untuk memudahkan Manajer Hotel dalam mengawasi operasional hotel sehari-hari dan mengevaluasi kemajuan penerimaan/pendapatan hotel sehingga dapat diambil keputusan yang tepat dan cepat untuk terus meningkatkan pendapatan hotel.
Untuk dapat melayani tamu, pengunjung dan pengguna jasa hotel lainnya secara cepat dan memuaskan sehingga menimbulkan image yang baik dan mereka akan kembali lagi ataupun menceritakan kepada orang lain tentang kepuasan pelayanan yang diterimanya.

IV. ACCESS CONTROL SYSTEMS AND METHODOLOGY
Program manajemen hotel ini memiliki berbagai fasilitas/laporan untuk membantu petugas front desk dalam menangani keadaan kamar yang dipesan oleh tamu, ataupun pengunjung hotel atau membantu Manajer Hotel untuk memantau operasional atau kemajuan hotel.Program ini sudah mulai digunakan sejak tamu hotel melakukan pemesanan, check-in sampai dengan check-out. Seluruh data disimpan dan diolah oleh program. Fasilitas dan laporanlaporan
terpenting yang dihasilkan program, antara lain:

Profil Kamar Hotel, berisi informasi kamar d.l.l

Selengkapnya ...

0 komentar:

Posting Komentar

 


2009 diarylifeofwino . All rights reserved. winoinoz website